Selasa, 12 Februari 2013

BIOAKTIVATOR PENGURAI KOMPOS (BAKTERI FERMENTASI)

Secara alami, kotoran ternak akan mengalami dekomposisi sehingga menjadi pupuk kandang yang siap pakai. Namun, proses ini berjalan sangat lama, berkisar 4-6 bulan.
Untuk mempercepat proses pengomposan, bisa dilakukan dengan pembuatan bioaktivator. Mikroba yang terdapat dalam bioaktivator akan membantu menguraikan ikatan-ikatan kimia kompleks menjadi sederhana. Kesulitan mendapatkan pupuk saat musim tanam membuat petani berfikir keras untuk menghilangkan ketergantungan terhadap pupuk kimia. Kondisi ini memacu para ahli untuk membuat terobosan dengan menjaga kesuburan tanah, memperbaiki struktur tanah, memperkaya bahan makanan dalam tanah, dan menetralisir kimia atau racun dalam tanah. Pemanfaatan pupuk kandang juga dapat mengurangi pemakaian pupuk kinia hingga 50% untuk satu hektar lahan pertanian.
A.      Mengenal MOL (Mikroorganisme Lokal)
Mikroorganisme Lokal (MOL) merupakan mikroorganisme menguntungkan yang digunakan untuk peragian atau mempercepat pembusukan dalam proses pembuatan pupuk kandang. Dengan penggunaan MOL dalam pembuatan pupuk kandang bisa mengemilir adanya limbah, selain itu, MOL juga bisa mempercepat pengomposan pupuk kandang menjadi tiga minggu.
Selain digunakan sebagai starter pupuk kandang, MOL bisa juga dipakai sebagai pupuk cair. Cara aplikasinya dengan mengencerkan MOL terlebih dahulu. Satu bagian MOL dicampur dengan 15 bagian air. Larutan tersebut disiramkan pada tanah di sekitar tanaman. Upayakan jangan mengenai batang tanaman. Namun demikian, pupuk cair MOL ini tidak direkomendasikan untuk tanaman anggrek. Karena, anggrek tumbuh di media pakis dan akarnya menonjol. Jika MOL disiramkan ke media pakis, mikrobia dalam MOL akan memakan pakis dan menimbulkan panas. Akibatnya, akar terbakar dan tanaman mati.
B.       Membuat Bioaktivator (Bakteri Pengurai Kompos)
Bioaktivator yang dibuat sendiri atau mikroorganisme local (MOL), yaitu kumpulan mikroorganisme yang bisa “diternakan”. Fungsinya sebagai starter dalam pembuatan pupuk kandang. Berdasarkan bahannya, ada dua MOL yang bisa dibuat, yaitu MOL tapai dan MOL nasi basi serta MOL berbahan lainnya.
1.    Mol Tapai
Mol tapai adalah bioaktivator yang bahan dasarnya terbuat dari tapai, baik tapai singkong maupun tapai ketan.
·      Bahan
Adapun bahan-bahan yang perlu dipersiapkan sebelum membuat MOL tapai sebagai berikut:
·      Tapai singkong atau tapai ketan
·      Air bersih
·      Gula pasir
1 ons
± 1.000 ml
5 sendok makan
·      Cara Pembuatan
Adapun cara pembuatan MOL tapai sebagai berikut:
a.    Siapkan satu botol plastic bekas air mineral ukuran besar (1.500 ml) tanpa tutup. Masukan tapai ke dalam botol tersebut.
b.    Isi air ke dalam botol berisi tapai hingga mendekati penuh.
c.    Masukan gula pasir ke dalam botol berisi tapai dan air.
d.   Kocok-kocok botol sebentar agar gula melarut.
e.    Biarkan botol terbuka tanpa tutup selama 4-5 hari agar MOL bisa bernafas.
f.     Setelah lima hari MOL sudah bisa digunakan. Hal ini ditandai dengan adanya aroma alcohol dari larutan MOL.
g.    Jika ingin “beternak” MOL, ambilah botol mineral kosong sejenis. Bagi rata cairan MOL ke dalam dua botol tersebut. Lalu, isi air ke dalam masing-masing botol tadi sampai penuh. Kemudian, masukkan gula ke masing-masing botol dengan takaran seperti di atas. Jika ingin memperbanyak MOL ke dalam botol-botol lain, lakukan dengan cara pembagian yang sama.
2.    MOL Nasi Basi
Nasi basi di rumah selalu jadi masalah. Biasanya, nasi basi ini dibuang sebagai sampai atau diberikan kepada ternak sebagai pakan. Cara lain untuk memanfaatkan nasi basi adalah dengan membuatnya menjadi bioaktivator.
·      Bahan
Bahan-bahan yang digunakan sebagai berikut:
·      Nasi Basi
·      Air
·      Gula Pasir
Secukupnya
± 1.000 ml
5 sendok makan
·      Cara Pembuatan
Adapun pembuatan MOL nasi basi dilakukan dengan tahapan sebagai berikut:
a.    Kepal-kepal nasi basi sebesar bola pingpong.
b.    Letakan bola-bola nasi tersebut di dalam kardus bekas, lalu tutup dengan dedaunan (misalnya daun pisang) yang membusuk. Dalam tempo 3 hari, akan tumbuh jamur-jamur berwarna kuning, jingga, dan merah.
c.    Buat larutan gula dengan cara mencampur dan mengocok gula dengan air.
d.   Ambil bola-bola nasi yang telah ditumbuhi jamur, masukkan ke dalam wadah plastic, lalu campur dengan larutan secukupnya.
e.    Biarkan selama 1 minggu. Setelah satu minggu, cairan akan mengeluarkan bau seperti tapai. Hal itu menandakan bahwa cairan ini sudah bisa dipakai sebagai starter untuk membuat puppuk kandang.  
C.      Aplikasi Pembuatan Pupuk Kandang dengan MOL
1.    Bahan
·      Kotoran Ternak
·      Serbuk Gergaji
·      Arang Sekam
·      Mikroorganisme Lokal (MOL)
·      Air
500 kg
400 kg
100 kg
2,5 litter
secukupnya
2.    Tahap Pembuatan
·      Siapkan terpal dengan ukuran secukupnya sebagai alas dasar. Kemudian, taburkan kotoran ternak dengan ketinggian 15-20 cm, tuburkan abu bakar dan serbuk gergaji di atasnya dan aduk hingga merata.
·      Buat larutan MOL dengan menuangkan 2,5 litter MOL dalam 10 litter air. Aduk hingga MOL terlarut dalam air.
·      Siramkan sedikit demi sedikit larutan MOL yang telah diramu sebelumnya. Untuk pembuatan 1 ton pupuk organic, diperlukan larutan MOL 2,5 litter. Aduk lagi bahan pupuk kandang dan larutan MOL.
·      Setelah bahan pupuk diaduk rata, adukan tersebut dikumpulkan hingga ketinggian 50-75 cm. Tutup adukan dengan terpal atau plastik hingga rapid an rapat. Sekitar 3-5 hari, bongkar adukan dan aduk ulang untuk mendapatkan hasil pupuk kandang yang baik. Setelah 7-10 hari, pupuk kandang tersebut siap digunakan. Cirri-cirinya apabila dikepal, tidak terasa panas dan remah.

17 komentar:

duhay mengatakan...

Informasi yang luar biasa, akan saya coba. mudah-mudahan berhasil. terima kasih kepada penulis.

Unknown mengatakan...

Mudah 2 han bermanfaat bagi para petani kita terima kasih kpd Penulis..

BLOGER BPP KECAMATAN CISAAT mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BLOGER BPP KECAMATAN CISAAT mengatakan...

Informasinya sangat sangat bagus, kami akan mempraktekannya dan akan Meng'Informasikan kembali kepada para petani....salam sukses....!!!!

Unknown mengatakan...

selamat pagi, mau tanya dalam MOL nasi basi tersebut kandungan bakteri apa yang dapat mempercepat pengomposan, terimaksih.

Unknown mengatakan...

semoga saya berhasil MOL nasi basainya آمِيْنُ... آمِيْنُ... آمِيْنُ.

Unknown mengatakan...

Artikelnya sangat membantu, semoga sukses selalu gan






OBAT PEMBESAR PENIS TERBAIK HERBAL ASLI CANADA

HU: 0823 2770 5757-BBM: 2B5F928E

KLIK DISINI - BACA SELANJUTNYA

JADILAH PRIA PERKASA, KAMI UNGKAP SAMPAI Tuntas RAHASIANYA ..! CARA TERBARU DAN ALAMI MEMPERBESAR DAN MEMPERPANJANG PENIS MENJADI BESAR Keras TAHAN LAMA DAN PANJANG 100% HERBAL AMAN TANPA EFEK

Kami menawarkan program bergaransi. TANPA RESIKO dan EFEK SAMPING.

UKURAN PENIS anda kurang besar ? Berhubungan cepat keluar/ Ejakulasi dini ? Sulit ereksi atau Ereksi tidak keras ? KAMI PUNYA SOLUSI cara memperbesar penis TERDAHSYAT !!!

dengan Vimax Cara cepat memperbesar penis dan Memperpanjang penis, Hasil Permanent Aman Tanpa Efek samping.

JADILAH PRIA IDEAL, KAMI UNGKAP SAMPAI TUNTAS RAHASIANYA..!! CARA TERBARU DAN ALAMI MEMPERBESAR DAN MEMPERPANJANG PENIS ” si Kecil ” MENJADI BESAR KERAS TAHAN LAMA DAN PANJANG 100% HERBAL AMAN TANPA TAKUT RESIKO EFEK SAMPING.

Jangan Kecewakan Pasangan anda Malam Ini… Jadilah Pria Perkasa Yang Bisa MEMUASKANNYA berkali kali untuk Pertama kalinya telah Hadir di Indonesia Promescent kini saatnya berkata.
Iam the MAN !


Vimax Asli Canada Obat Pembesar Penis Herbal : No.1 Di Dunia adalah suplemen Herbal obat Pembesar danpemanjang penis herbal alami yang sangat efektif dan berkhasiat untuk masalah laki-laki yang dapat menambah panjang dan lingkar penis / alat vital, keinginan seksual, kesehatan seksual dan membantu untuk mencapai ereksi kuat. Di formulasikan dari tumbuh-tumbuhan yang berasal dari seluruh dunia yang telah terbukti khasiatnya, Anda akan yakin bahwa vimax herbal alami akan dapat meningkatkan kehidupan seksual anda. Vimax Herbal Menggunakan beberapa jenis tumbuhan yang ditemukan di Polinesia, dimana orang – orang dari suku mangaian berhubungan seks rata – rata 3 kali setiap malam, meski ini bukan apa yang anda inginkan, itu bagus untuk mengetahui kemampuan seksual anda yang dapat meningkatkan secara substansial.
Jangan percaya mitos yang menyatakan bahwa wanita tidak perduli tentang ukuran penis anda. Jika anda memiliki penis yang kecil, maka tidak peduli seberapa baik, tampan dsb, beberapa lama anda akan bisa mempertahankan istri anda, karena memiliki masalah dalam hal seksualitas. Kami melakukan survei terhadap lebih dari 50.000 perempuan, ternyata mereka lebih memilih ukuran penis yang lebih baik terutama panjang dan besar. Lihat hasilnya dan buat keputusan apakah anda akan menggunakan Obat pembesar penis vimax capsul canada original atau tidak sama sekali.



OBAT PEMBESAR ALAT VITAL NO1

Ahmad Basuki mengatakan...

Mol dari tapai itu takaran gula nya tidak disebutkan. Berapa bnyak gula nya.

Ahmad Basuki mengatakan...

Mol dari tapai itu takaran gula nya tidak disebutkan. Berapa bnyak gula nya.

Paragraf Deduktif dan Idnuktif mengatakan...

mksih penulis,, semoga ini bisa membantu.

Konsultan Ipal mengatakan...

artikelnya sangat bermanfaat, informasi yang disampaikan sangat jelas dan mudah di pahami. kebutulan kami pun membahas starter bakteri dan menjual produk Strater Bakteri. kunjungin web kami disini

Unknown mengatakan...

untuk penulisnya semoga sukses dan selalu diberikan oleh Tuhan YME ilmu2 yang lebih manfaat lagi..amin

KERINCI JAMBI BLOGGER mengatakan...

Luar biasa, thank you.

belajar bisnis mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Kekasih.blogspot.com mengatakan...

Kotoran hewannya yang Baru APA harus yg dah lama? Mksh.

Nur Hikmah NI mengatakan...

Terima kasih banyak Informasinya.

Unknown mengatakan...

Bagai mana utuk kompos hijau ? Apa proses sama?

Posting Komentar